-->

Mengenal 4 Macam Tahapan Perkembangan Anak Menurut Umur

Mengenal 4 Macam Tahapan Perkembangan Anak Menurut Umur


Secara umum tahapan perkembangan anak menurut umur dapat dibedakan menjadi beberapa karakteristik dan tahap yang berbeda. Supaya Anda sebagai seorang ibu dapat memahami perkembangan tubuh karena bisa menyimak beberapa perkembangan berikut ini;

1. Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 4 Tahun

Namun, sebelum itu Anda perlu mengetahui bahwa sejak bayi seorang anak memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat pesat. Sementara tumbuh-kembang seorang anak dapat dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan sekitarnya.

Tahapan perkembangan seorang anak pada usia 1 sampai dengan 4 tahun lebih pesat baik secara emosional kognitif dan juga fisik. Pada usia 1 sampai 4 tahun seorang anak memiliki kemampuan motorik yang lebih tepat.

Sehingga mereka cenderung lebih aktif bergerak dari pada orang dewasa pada umumnya. Pada usia ini seorang anak biasanya akan mengembangkan kemampuan komunikasi dan berbahasa mereka.

2. Perkembangan Usia Anak 5 Sampai 6 Tahun

Saat usia anak mencapai 5 sampai 6 tahun mereka akan memiliki perkembangan emosional dan sosial yang lebih cepat. Pada usia ini seorang anak akan lebih memahami sifat serta watak dan karakteristik dari teman sebayanya.

Anda sebagai orang tua wajib mendukung berbagai aktivitas yang membuat emosional seorang anak menjadi lebih baik, serta jangan melakukan hal-hal yang memancing emosi anak.

3. Perkembangan Anak Usia 7 Sampai 12 Tahun

Pada usia 7 sampai 12 tahun ini seorang anak memiliki perkembangan dari berbagai segi fisik, emosional, sosial, komunikasi yang lebih berkembang. Sehingga pada saat bersekolah ataupun bersosialisasi mereka akan menemukan hobi baru.

Tugas orang tua saat menghadapi anak-anak pada usia ini adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan hal-hal baru. Melalui hal baru ini, anak-anak akan mendapatkan sempatan mengembangkan bakatnya.

4. Perkembangan Anak Usia 13 Sampai 15 Tahun

Memasuki umur 13 sampai 15 tahun seorang anak sudah masuk dalam tahap pra pubertas. sehingga memiliki emosi yang masih labil dengan beberapa masalah utama yang sedang dihadapinya.

Beberapa tahapan perkembangan anak menurut umur dapat membantu Anda sebagai orang tua untuk menentukan beberapa strategi dalam mengurus atau mengetahui tumbuh kembang buah hati tercinta.


LihatTutupKomentar