-->

Tips Memilih Susu Ibu Menyusui yang Baik

Tips Memilih Susu Ibu Menyusui yang Baik

Susu ibu menyusui yang baik bisa dilihat dari kandungan nutrisi di dalamnya yang sesuai dengan kebutuhan dari ibu menyusui. Ibu menyusui harus mendapatkan nutrisi yang baik agar nantinya bisa disalurkan ke anak melalui ASI (Air Susu Ibu).

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan setelah mengonsumsi susu ibu menyusui, seperti melancarkan ASI, menambah kualitas ASI dan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus bisa memilih susu ibu menyusui yang berkualitas.


Tips Memilih Susu Ibu Menyusui yang Baik

1. Pilih Berdasarkan Jenis Susu

Di pasaran, kita bisa menjumpai susu ibu menyusui dari susu sapi dan susu protein nabati. Produk susu protein nabati yang sering direkomendasikan adalah susu almon dan susu kedelai yang cocok untuk ibu yang tidak memiliki intoleransi laktosa.

Bukan hanya untuk ibu, bayi yang memiliki alergi terhadap laktosa maka lebih baik memilih produk susu protein nabati. Biasanya, bayi yang mengalami alergi terhadap latosa akan muncul ruam, menangis setiap menyusu, atau kesulitan bernapas.

Namun, jika ibu menyusui dan bayi tidak memiliki intoleransi laktosa, maka disarankan untuk memilih jenis susu sapi yang biasa dijumpai di pasaran. Dengan begitu, pastikan Anda memilih jenis susu dengan kebutuhan dan kondisi badan.

2. Periksa Kandungan Nutrisi

Tips inilah yang penting untuk mendapatkan susu ibu menyusui yang baik, yaitu periksa kandungan nutrisi. Setiap produk susu memiliki kandungan yang berbeda-beda jadi sesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Setiap kandungan di dalam susu ibu menyusui pasti memiliki manfaatnya masing-masing. Beberapa kandungan yang wajib ada dalam susu ibu menyusui adalah.

Ÿ   Protein yang tinggi untuk memberikan energi pada ibu menyusui.

Ÿ   Rendah lemak agar postur tubuh kembali langsing setelah melahirkan.

Ÿ   Tinggi kalsium untuk mencegah pengroposan tulang pada ibu.

Ÿ   Asam folat yang baik untuk perkembangan otak bayi.

Ÿ   Ekstrak daun katuk agar ASI semakin lancar dan produksinya banyak.

3. Pastikan Susu Sudah Melalui Proses Pasteurisasi

Proses pasteurisasi merupakan proses pemanasan yang dilakukan dengan tujuan membunuh bakteri jahat di dalam susu. Pastikan produk susu yang Anda pilih sudah melalui proses penting ini demi keamanan dan kesehatan ibu beserta bayinya.

Proses pasteurisasi yang tidak sempurna tentu membuat susu masih mengandung bakteri jahat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Efek buruk ini tidak hanya dialami oleh sang ibu, tapi juga bayi jadi Anda harus berhati-hati saat memilihnya.

Untuk mengetahui apakah susu tersebut sudah melalui proses pasteurisasi, maka Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Pastikan proses pasteurisasi yang dilakukan pada produk susu tersebut sudah selesai dengan sempurna.

4. Sesuaikan Rasa dengan Selera

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan susu ibu menyusui terbaik adalah menyesuaikan rasa dengan selera. Sekarang ini, kita bisa menjumpai berbagai macam rasa susu yang lezat, mulai dari stroberi, vanila, cokelat, dan lain sebagainya.

Setiap ibu menyusui tentu memiliki selera rasa yang berbeda jadi Anda bisa memilih rasa susu mana yang sesuai selera. Apabila susu yang dipilih sesuai selera, maka ibu menyusui akan merasa senang saat mengonsumsi susu yang dipilihnya.

Meski begitu, perhatikan juga alergi yang mungkin dimiliki oleh bayi dan ibu menyusui. Tidak semua selera yang dimiliki tidak menimbulkan reaksi alergi, jadi Anda harus peka dalam melihat, apakah kandungan susu yang membuat alergi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan susu ibu menyusui yang baik, susu Anmun Lacta bisa menjadi pilihan. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu memperlancar ASI dan menghasilkan ASI yang berkualitas untuk sang buah hati.

LihatTutupKomentar