abaikan acara air air putih aksesoris alami anak anak muda asi asuransi badan bahan alami bahanalami bahaya baru batuk bau bau badan bau ketiak bawang bawang putih bayi bekas beli biji bisnis bmw bogor buah bubur bubur kacang bubur kacang hijau buka puasa buket buku bulan bunda bunga buruk camilan canggih cantik cedera cepat cepat saji chilgo coklat dampak daun sirih deodorant depok desain desain grafis destinasi diabetes diabetes melitus diet dietalami dietsehat dijual disentri drone dunia fashion fatal flawless flu food foto foundation fungsi fungsi drone gambar gejala google gula gula darah hadiah haid hajatan hamil handphone harga harga murah hargamobil haribesar hariraya herbal hewan hidup hidup sehat home care hosting hotel hujan hunian ibu iduladha idulfitri indonesia info informasi internet jabodetabek jajanan jakarta jalan-jalan jambu jambu bjiji jambu merah jaminan jasa jenis drone jepang jual junk junk food kadaluawarsa kamera kanker kecantikan kehamilan kelapa sawit keluarga kendaraan kesehatan khas khasiat konglomerat korea korea utara kue kuekering kulit lebaran liburan makan makanan makeup malang manfaat manfaat drone mata. makanan medan medis membaca mencegah mencegah kanker mengatasi menikah menjaga menstruasi mentimun menu menudiet merokok mewah migrain mini cooper minum minum susu minuman minyak mitsubishi mobil moderen modern modern. morinaga motor murah musim negatif nyeri obat obatdisentri obesitas olahraga otomotif panganan pengantin pengobatan penyakit penyembuhan pepaya perawat perawatan perempuan pesawat pola porang positif properti puasa push up ramadhan ramdhan remaja rempah rempah-rempah resep rokok rumah saji sakit sakit gigi sakura sarapan sawit sayur sehat sehatan semarang sirih sirih merah sixpack smartphone snack snack box susu takjil tanah tanah murah tanaman tekno teknologi telur terawat terbaik terbaru terkini tiket tipes tips toko bunga tokyo toyota tradisional trik truk tubuh umum unik update video vitur wajah wanita website wisata

Mengenal Tanaman Porang yang Kaya Manfaat dan Nilai Ekspor Tinggi

Mengenal Tanaman Porang yang Kaya Manfaat dan Nilai Ekspor Tinggi
Apakah kalian tau tanaman porang ? atau baru pertama kali mendengar nama ini ? Kalian wajib tau Tanaman Porang yang begitu banyak manfaat dengan nilai ekspor yang tinggi sehingga sangat bernilai. Porang atau Iles Iles, tanaman umbi-umbian tengah populer dibicarakan masyarakat, lantaran kisah sukses petaninya. Petani porang di desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor porang. Apa sebenarnya tanaman porang ini? Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. 

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang. Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. 

Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang, demikian dilansir laman resmi Kementerian Pertanian. 

BACA JUGA : Sirih Merah Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. Tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor. 

Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan. Terdapat beberapa tempat yang menjadi pusat pengolahan tepung porang saat ini, seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros. 

Mengenal Tanaman Porang yang Kaya Manfaat dan Nilai Ekspor Tinggi
Budidaya Umbi Porang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berkomitmen untuk mengembangkan budi daya tanaman porang yang selama ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya. 

"Tanaman Porang ini tidak banyak diketahui orang manfaatnya tapi sebenarnya merupakan komoditas unggulan Jawa Timur karena hampir seratus persen diekspor," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi dan bertemu dengan pembudidaya porang di wilayah hutan Desa Bendoasri, Kecamatan Rejoso, Nganjuk, sebagaimana dikutip Antara. 

Di wilayah hutan tersebut budidaya porang dikelola oleh LMDH Artomoro dan Trimulyo di lahan seluas lebih dari 500 hektar. Ketua LMDH Artomoro Rianto saat dikonfirmasi bahkan mengaku tidak tahu kalau hasil budi dayanya yang perhektar bisa menghasilkan sebanyak 15 ton porang selama ini menjadi komoditas ekspor. Gubernur Khofifah berjanji akan menggandeng tim ahli dari Universitas Brawijaya, Malang, untuk melakukan penelitian demi meningkatkan produktifitas budidaya porang. "Saya ingin Universitas Brawijaya menurunkan tim untuk melakukan kajian khusus untuk meningkatkan budidaya porang sehingga berbagai permasalahan yang selama ini dilami petani bisa diatasi dengan baik," ujarnya. 

Mantan Menteri Sosial ini juga mengingatkan agar jangan sampai bibit tanaman porang bisa sampai lepas ke luar negeri. "Jangan sampai bibitnya ditanam di luar negeri dan malah negara lain yang berhasil mengembangkan budidaya porang," tuturnya. 

Budidaya tanaman Porang juga dilakukan oleh masyarakat di sela-sela hutan jati yang diwenangi Perum Perhutani Unit II Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Madiun, Jawa Timur (Jatim). Pengakuan itu disampaikan Suyatno, Ketua Masyarakat Pengelola Sumberdaya Hutan (MPSDH) Wono Lestari yang masuk dalam Resor Pemangku Hutan (RPH) Panggung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dagangan, Kabupaten Madiun, Kamis, saat kunjungan lapangan sejumlah wartawan yang difasilitasi "The Global Forest and Trade Work" (GFTN) WWF Indonesia. 

BACA JUGA :Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Dalam pertemuan di tengah hutan yang masuk dalam KPH Madiun itu, mewakili 80 lebih petani di sekitar hutan jati yang membudidayakan tanaman Porang, ia menjelaskan bahwa dengan kerja sama dalam bentuk program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat), kini warga di sekitar hutan mulai merasakan peningkatan kesejahteraan. MPSDH Wono Lestari, katanya, mendapat hak pengelolaan seluas 112 hektare (ha) lahan disela-sela hutan jati di KPH Madiun, yang dimanfaatkan untuk menanam Porang, yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. 

Harga Jual Porang di Pasaran "Harga Porang bisa mencapai Rp2.500 untuk satu umbi dengan berat 4 kilogram," katanya dan menambahkan bahwa dalam hitungan normal 100 pohon Porang bisa menghasilkan Rp1 juta. Untuk luasan 1 hektare, kata dia, bisa ditanam sebanyak 6.000 bibit, sehingga bisa menghasilkan 24 ton/hektare, yakni dengan penghitungan 6.000 dikalikan 4 kilogram. "Dengan demikian, maka dalam hitungan kasar, jika satu hektare bisa menghasilkan 24 ton, dan dikalikan dengan harga Rp2.500/kilogram, kurang lebih bisa menghasilkan Rp60 juta," katanya. 

Nah kalian berminat budidaya Porang ini. Langsung cari dan kembangkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Apakah kalian tau tanaman porang ? atau baru pertama kali mendengar nama ini ? Kalian wajib tau Tanaman Porang yang begitu banyak manfaat dengan nilai ekspor yang tinggi sehingga sangat bernilai.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.