abaikan acara air air putih aksesoris alami anak anak muda asi asuransi badan bahan alami bahanalami bahaya baru batuk bau bau badan bau ketiak bawang bawang putih bayi bekas beli biji bisnis bmw bogor buah bubur bubur kacang bubur kacang hijau buka puasa buket buku bulan bunda bunga buruk camilan canggih cantik cedera cepat cepat saji chilgo coklat dampak daun sirih deodorant depok desain desain grafis destinasi diabetes diabetes melitus diet dietalami dietsehat dijual disentri drone dunia fashion fatal flawless flu food foto foundation fungsi fungsi drone gambar gejala google gula gula darah hadiah haid hajatan hamil handphone harga harga murah hargamobil haribesar hariraya herbal hewan hidup hidup sehat home care hosting hotel hujan hunian ibu iduladha idulfitri indonesia info informasi internet jabodetabek jajanan jakarta jalan-jalan jambu jambu bjiji jambu merah jaminan jasa jenis drone jepang jual junk junk food kadaluawarsa kamera kanker kecantikan kehamilan kelapa sawit keluarga kendaraan kesehatan khas khasiat konglomerat korea korea utara kue kuekering kulit lebaran liburan makan makanan makeup malang manfaat manfaat drone mata. makanan medan medis membaca mencegah mencegah kanker mengatasi menikah menjaga menstruasi mentimun menu menudiet merokok mewah migrain mini cooper minum minum susu minuman minyak mitsubishi mobil moderen modern modern. morinaga motor murah musim negatif nyeri obat obatdisentri obesitas olahraga otomotif panganan pengantin pengobatan penyakit penyembuhan pepaya perawat perawatan perempuan pesawat pola porang positif properti puasa push up ramadhan ramdhan remaja rempah rempah-rempah resep rokok rumah saji sakit sakit gigi sakura sarapan sawit sayur sehat sehatan semarang sirih sirih merah sixpack smartphone snack snack box susu takjil tanah tanah murah tanaman tekno teknologi telur terawat terbaik terbaru terkini tiket tipes tips toko bunga tokyo toyota tradisional trik truk tubuh umum unik update video vitur wajah wanita website wisata

Hewan dari Bumi Ini Mampu Bertahan Hidup di Bulan


Hewan dari Bumi Ini Mampu Bertahan Hidup di Bulan

Peluang untuk menemukan kehidupan di Bulan mendadak membesar. Tapi bukan karena adanya alien di sana melainkan makhluk dari Bumi.

Belum lama ini, wahana antariksa Baressheet milik perusahaan Israel yang ditujukan untuk menjelajah Bulan gagal di saat-saat terakhir. Ia hancur saat mendarat di permukaan.

Nah rupanya, ada kargo tak biasa yang dibawa wahana itu, yaitu ribuan hewan mikro Tardigrade. Tardigrade disebut-sebut sebagai hewan terkuat di dunia dan tak menutup kemungkinan mampu bertahan di Bulan.

Arch Mission Foundation, organisasi yang mengatur kargo Tardigrade itu, menyatakan bisa jadi mereka selamat. "Mereka mungkin satu-satunya hal yang selamat dari tabrakan itu," cetus Nova Spivack, pendiri AMF.


Dikenal juga sebagai beruang air, Tardigrade mampu melewati ujian ketahanan hidup paling ekstrem sekalipun. Salah satunya eksperimen dari para peneliti di Jepang yang membekukannya lebih dari 3 dekade.

Dalam eksperimen itu, si hewan dapat bertahan hidup. Tardigrade memang merupakan extremophile, organisme dengan kemampuan bertahan hidup luar biasa, terlebih saat melewati kondisi paling ekstrem.

Tardigrade bisa bertahan walau telah dibekukan, terkena radiasi, hingga berada di ruang hampa udara. Hal itu diperkirakan terjadi karena 18% genom di dalam DNA-nya merupakan adaptasi dari berbagai organisme lain, seperti jamur, bakteri, hingga virus.

Mungkin saat ini, mereka dalam kondisi 'tidur' di Bulan. Lukasz Kaczmarek, pakar Tardigrade dari Adam Mickiewicz University menyebutkan wajar jika hewan itu selamat walau di Bulan.

"Tardigrade bisa bertahan dalam tekanan yang sama saat asteroid menghantam Bumi, sehingga kecelakaan kecil semacam ini tak ada apa-apanya bagi mereka," tandasnya, menambahkan binatang itu berpotensi hidup sampai bertahun-tahun di Bulan.

Tardigrade yang dalam keadaan tak aktif, dapat dibangkitkan dengan memasukkan ke dalam air. "Mereka tidak bisa kolonisasi Bulan karena tak ada atmosfer dan air mengalir. Tapi mungkin saja membawa mereka kembali ke Bumi dan menyiramkan air. Mereka seharusnya bangkit kembali," tambah Adam.

Peluang untuk menemukan kehidupan di Bulan mendadak membesar. Tapi bukan karena adanya alien di sana melainkan makhluk dari Bumi.

Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.